PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 62 PALISI KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS

NURHASANAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 62 PALISI KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
pra isi.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I (Autosaved).docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
DOKUMENTAS1.docx

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

Nurhasanah, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 62 Palisi, Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Skripsi. Di Bimbing oleh : Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. dan Dr. Suarlin, M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 62 Palisi pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini yakni manfaat teoretis dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini yakni SDN 62 Palisi, Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini yakni 1 orang guru dan 20 orang siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan observasi dilakukan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan mengamati aktivitas guru dan siswa. Setelah diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori kurang pada siklus I dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Sedangkan ketuntasan belajar siswa tidak ada yang mencapai KKM pada siklus I dan berada pada kategori sangat rendah sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni 18 siswa memperoleh nilai diatas KKM dan berada pada kategori sangat tinggi dengan ketuntasan belajar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 62 palisi, Kecamatan Marusu Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:18
Last Modified: 05 Oct 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34238

Actions (login required)

View Item View Item