PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 113 PANA KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

Kurnia Alex (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 113 PANA KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (19kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi Fix.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
Bab I, II, III, IV DAN V.docx

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 3.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (10kB)

Abstract

Kurnia Alex, 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi yang dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal,M.Pd dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang yang berlangsung tidak ditemukan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menunjang pembelajaran, pembelajaran yang kurang menarik, pengelolaan kelas yang masih bersifat klasikal dan konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, bagaiamanakah gambaran peggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V, serta adakah pengaruh penggunaan media audio visual tehadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah gambaran penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V, serta untuk mengetahui pengaruh media audo visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian experiment, dengan tahap pretest, teratment, dan postest. Vaiabel dalam penelitian ini terbagi atas dua, variabel bebas yaitu penggunaan media audio visual dan variable terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh, sampel dari penelitian adalah siswa kelas V SD 113 Pana dengan jumlah siswa sebanyak 33. Tekhnik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test denga jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Kesimpulan peneliti ini adalah penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia tergolong efektif, hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas V setelah menggunakan media audio visual menunjukkan nilai posttest lebih besar daripada nilai preetest, dan media audio visual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:52
Last Modified: 24 Jul 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33149

Actions (login required)

View Item View Item