PENGGUNAAN METODE RESEPTIF- PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN SISWA KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIP KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

UMI AYU LESTARI ATJO (2023) PENGGUNAAN METODE RESEPTIF- PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN SISWA KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIP KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL UTAMA.rtf

Download (336kB)
[img] Text
SAMPUL KEDUA.docx

Download (38kB)
[img] Text
- PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (47kB)
[img] Text
- ABSTRAK.rtf

Download (52kB)
[img] Text
- DAFTAR ISI.rtf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 1 sampai 5.docx

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Rubrik Penilaian aspek S I P 1.docx

Download (897kB)
[img] Text
Rubrik Penilaian aspek S I P 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
Rubrik penilaian aspek S II P 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
DOKUMENTASI penelitian fixok.docx

Download (3MB)

Abstract

Umi Ayu Lestari Atjo, 2017. Penggunaan Metode Reseptif-Produktif untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal., M.Pd dan Dra. Hj. Amrah., S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah penggunaan metode reseptif-produktif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode reseptif-produktif dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan pada kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan metode reseptif-produktif dalam memahami isi bacaan dan pemahaman isi bacaan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes pemahaman isi bacaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, setelah dilaksanakan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik demikianpun kemampuan memahami isi bacaan siswa pada siklus I tidak tuntas setelah dilaksanakan siklus II mengalami peningkatan menjadi tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode reseptif-produktif dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:35
Last Modified: 24 Jul 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33147

Actions (login required)

View Item View Item