PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BONTORAMBA KOTA MAKASSAR

ASTI DEWI SAPUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BONTORAMBA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL DAN JUDUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (45kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc

Download (43kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN.doc

Download (24kB)
[img] Text
5 MOTTO.docx

Download (21kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.doc

Download (29kB)
[img] Text
7 PRAKATA.rtf

Download (109kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.doc

Download (31kB)
[img] Text
9 DAFTAR TABEL.doc

Download (24kB)
[img] Text
10 DAFTAR GAMBAR.doc

Download (24kB)
[img] Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 SILABUS.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 KISI KISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 15 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 17 RIWAYAT HIDUP.doc

Download (1MB)

Abstract

Asti Dewi Saputri, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian yang dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berfikir yang perlu dimiliki siswa serta keaktifan siswa dalam proses belajar menjadi alasan dirumuskan beberapa masalah yaitu (1) Bagaimanakah gambaran langkah-langkah pelaksanaan model PBM pada siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar setelah pelaksanaan model PBM ? (3) Apakah terdapat pengaruh dari pemberian model PBM terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran langkah-langkah pelaksanaan model PBM pada siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar, (2) Gambaran hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar setelah pelaksanaan model PBM, (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemberian model PBM terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling karena populasi bersifat homogen. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 siswa dengan 25 siswa kelas Va sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas Vb sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar. Data tes hasil belajar siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah, dengan adanya perbedaan tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Bontoramba Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:56
Last Modified: 21 Jul 2023 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item View Item