HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERSERTIFIKASI DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR WILAYAH TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKKANG KOTA MAKASSAR

REZKY WACHYUNI (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERSERTIFIKASI DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR WILAYAH TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
cover.docx

Download (43kB)
[img] Text
SAMPUL KEDUA.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Angket.docx

Download (20kB)
[img] Text
OUTPUT SPSS MODEL & ASUMSI.docx

Download (173kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Rezky Wachyuni, 2017. Hubungan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung Kecamatan Panakukkang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah hubungan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung Kecamatan Panakukkang Kota Makassar. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu Hubungan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung Kecamatan Panakukkang Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung Kecamatan Panakukkang Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 81 orang guru yang berasal dari lima sekolah di wilayah tamamaung. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-tes (angket) dan dokumentasi. Data variabel X bersumber dari LP3TK-KPTK dan data variabel Y didapatkan melalui hasil angket FCE yang dianalisis secara statistic deskriptif dan statistic inferensial menggunakan uji regresi dengan menggunakan pengujian model anova. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang kompetensi pedagogik guru tersertifikasi yaitu dari sebelas guru yang mencapai nilai diatas capaian hasil minimal yakni 61,23 dan 72,00, sedangkan sebilan guru lainnya tidak mencapai nilai capaian minimal. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar belum efektif yang diukur melalui analisis angket FCE yaitu nilai skor rerata yaitu 37,4909 < skor maksimum yaitu 51,00. Hasil analisis data kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung kecamatan Panakukkang kota Makassar ditinjau dari aspek siswa, nilai signifikan yang diperoleh yakni sebesar 0.016 yang lebih kecil dari 0.05. Dari hasil ini disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan dengan efektivitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar wilayah Tamamaung kecamatan Panakukkang kota Makassar. .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:11
Last Modified: 21 Jul 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33133

Actions (login required)

View Item View Item