JULIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA PADA SISWA DI KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIP KOTA MAKASSAR.
Text
0.SAMPUL.docx Download (59kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBINg PGSD.rtf Download (1MB) |
|
Text
1. abstrak.docx Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I-III.docx Download (75kB) |
|
Text
3. BAB IV-V.docx Download (73kB) |
|
Text
6.LAMPIRAN OBSERVASI SIKLUS 1.docx Download (63kB) |
|
Text
7. LAMPIRAN OBSERVASI SIKLUS 2.docx Download (62kB) |
|
Text
foto.docx Download (2MB) |
Abstract
Juliani, 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh, Dr. Latang, M.Pd. dan Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar? untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar yang berjumlah 22 orang. Fokus penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil observasi aktivitas guru dan siklus I berada pada kategori cukup (C) karena dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menjalankan langkah-langkah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan hasil observasi aktifitas siswa berada pada kategori kurang (K). Hasil tes belajar siswa berada pada kategori kurang (K). Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berada pada kategori baik karena dalam proses pembelajarannya guru sudah melaksanakan langkah-langkah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik sesuai yang diharapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres kampus IKIP Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33120 |
Actions (login required)
View Item |