PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RISTA ZILVYA NUR AMISAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1smpul luar.docx

Download (88kB)
[img] Text
2DAFTAR ISI.docx

Download (42kB)
[img] Text
3BAB I ris.docx

Download (34kB)
[img] Text
4BAB II ris.docx

Download (56kB)
[img] Text
5BAB III ris.docx

Download (59kB)
[img] Text
8DAFTAR PUSTAKA ris.docx

Download (30kB)
[img] Text
10.LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR GURU.docx

Download (54kB)
[img] Text
11Lampiran 13 ris.docx

Download (1MB)
[img] Text
15RIWAYAT HIDUP ris.docx

Download (58kB)

Abstract

Rista Zilvya Nur Amisah, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd. dan Hamzah Paggara. S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam hal meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Picture and Picture dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis data setelah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan melihat pencapaian indikator-indikator yang menunjukkan adanya peningkatan. Aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dikategorikan baik. Adapun keterampilan menulis karangan narasi siswa yang diberikan pada siklus I masih belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II tuntas secara klasikal. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II. Adapun ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:14
Last Modified: 20 Jul 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item