PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG 2 KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

NURHILMI FATHIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG 2 KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.rtf

Download (5MB)
[img] Text
2. Halaman Depan.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (116kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (228kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 2 Riwayat Hidup.docx

Download (2MB)

Abstract

Nurhilmi Fathir, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing 1, Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Pembimbing 2, Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran model pembelajaran student facilitator and explaining? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? (3) Apakah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan model pembelajaran student facilitator and explaining, untuk menggambarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining, hasil belajar siswa, dan aktivitas pembelajaran. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 dengan jumlah siswa 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, hal ini terbukti karena adanya perkembangan aktivitas mengajar guru pada siklus pertama berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus kedua berada pada kategori baik (B). (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar terus mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus berikutnya, karena siswa telah memahami indikator-indikator yang terdapat dalam model pembelajaran student facilitator and explaining. `(3) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pannyikkokang 2 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:00
Last Modified: 20 Jul 2023 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33098

Actions (login required)

View Item View Item