FITRAYANI TAJUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. Sampul dan Judul.docx Download (37kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx Download (863kB) |
|
Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (622kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.doc Download (95kB) |
|
Text
5. BAB I-V.docx Download (163kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1-2 RPP KELAS EKSPERIMEN.docx Download (41kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3-4 RPP KELAS KONTROL.docx Download (41kB) |
|
Text
LAMPIRAN 12-18 ANALISIS DATA.docx Download (105kB) |
|
Text
LAMPIRAN 19 DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
PERSURATAN DAN RIWAYAT HIDUP.doc Download (5MB) |
Abstract
Novilianty, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Negeri Mongisidi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan S.Pd., M.Pd. dan Dr. Muh. Yusri Bachtiar, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Negeri Mongisidi III Kecamatan Makassar Kota Makassar dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 37 siswa kelas Va sebagai kelas kontrol dan 36 siswa kelas Vb sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dan variabel terikatnya yaitu keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Mongisidi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menghasilkan nilai sig. 0,000 yang berarti bahwa nilai sig (2-tailed) > 0,05.) artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Mongisidi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Kata kunci:Model Pembelajaran POE, Keterampilan Proses Sains, IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33091 |
Actions (login required)
View Item |