Dian Rosalimah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE COOPERATIVE INTEGRATE READING AND COMPOSITION (CIRC)TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWAKELAS V SD NEGERI LARIANG BANGI I KOTA MAKASSAR.
Text
1. Halaman Sampul.docx Download (27kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing.doc Download (45kB) |
|
Text
6. Motto.doc Download (28kB) |
|
Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc Download (28kB) |
|
Text
7. Abstrak.doc Download (33kB) |
|
Text
8. Prakata.doc Download (37kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.doc Download (37kB) |
|
Text
11. Daftar Gambar.doc Download (34kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.doc Download (37kB) |
|
Text
12. Daftar Lampiran.doc Download (34kB) |
|
Text
12.BAB I dian.docx Download (46kB) |
|
Text
13. BAB II dian.docx Download (84kB) |
|
Text
13. BAB III Dian.docx Download (60kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.docx Download (32kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1. SILABUS.docx Download (36kB) |
|
Text
Lampiran 12 Lembar observasi siswa.docx Download (117kB) |
|
Text
Lampiran 13 Daftar Nilai kelas .docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 17DOKUMENTASI KEGIATAN.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Dian Rosalimah, 2017. Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated reading and Compocition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Lariang Bangi I Kota Makassar. Skripsi yang dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi I Kota Makassar. Adapun permasalahan yang dikaji yaitu: 1.) Bagaimanakah gambaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V 2.) Bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V setelah dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC 3.) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi I yang berjumlah 24 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC menekankan pada pembentukan kelompok kecil terhadap siswa untuk saling bekerja sama menciptakan kondisi belajar yang optimal sehingga dapat mengembangkan kemampuan membaca pemahaman siswa. 2.) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum (pretest) dengan mean sebesar 50,83 dan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (posttest) dengan mean sebesar 80,83 dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V 3.) Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-test yang di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:32 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33064 |
Actions (login required)
View Item |