PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 188 TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG

MUHAMMAD YUSUF ALI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 188 TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
01 SAMPUL UTAMA.docx

Download (26kB)
[img] Text
02 SAMPUL BAGIAN KEDUA (Abstrak, Daftra Isi, Lember Pengesahan, dll).docx

Download (57kB)
[img] Text
03 Isi Skripsi Uchu.docx

Download (225kB)
[img] Text
05 Observasi Guru.docx

Download (214kB)
[img] Text
06 Rekapitulasi Nilai Akhir Siswa.docx

Download (3MB)
[img] Text
07 Riwayat Hidup Bunrikkits.docx

Download (38kB)

Abstract

Muhammad Yusuf Ali. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatakan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 188 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 188 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 188 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 188 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan tiga kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V sedangkan peneliti bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif . Pencapaian proses belajar siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan sebab telah memenuhi indikator tingkat penguasaan siswa dan kelulusan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I berada pada kategori Tidak Tuntas (TT) dan siklus II pada kategori Tuntas (T). Selain itu hasil observasi mengajar guru pada siklus I pertemuan I, II, dan III masing-masing dikategorikan kurang (C) sedangkan siklus II pertemuan I, II, dan III masing-masing dikategorikan baik (B). Adapun hasil observasi belajar siswa siklus I pertemuan I dikategorikan kurang (K), pertemuan II dan III dikategorikan cukup (C) sedangkan siklus II pertemuan I, II, dan III masing-masing dikategorikan baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 188 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:02
Last Modified: 18 Jul 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item