RICHARDUS JUMAD BERWULO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V BSD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
cover.docx Download (51kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.docx Download (27kB) |
|
Text
motto.docx Download (15kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (21kB) |
|
Text
daftar gambar.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (47kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
SIKLUS I.docx Download (117kB) |
|
Text
SIKLUS II.docx Download (129kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
RICHARDUS JUMAD BERWULO. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd. dan Dr. Erma Suryani Sahabbuddin, M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V B sebagai observer serta seluruh siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 39 orang, dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan hasil belajar IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk hasi observasi guru dan siswa berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar IPS berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan yakni untuk hasi observasi guru dan siswa mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar IPS meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat kita katakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33054 |
Actions (login required)
View Item |