PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V BSD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RICHARDUS JUMAD BERWULO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V BSD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
cover.docx

Download (51kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (27kB)
[img] Text
motto.docx

Download (15kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
daftar gambar.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
SIKLUS I.docx

Download (117kB)
[img] Text
SIKLUS II.docx

Download (129kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

RICHARDUS JUMAD BERWULO. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd. dan Dr. Erma Suryani Sahabbuddin, M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V B sebagai observer serta seluruh siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 39 orang, dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan hasil belajar IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk hasi observasi guru dan siswa berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar IPS berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan yakni untuk hasi observasi guru dan siswa mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar IPS meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat kita katakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:01
Last Modified: 18 Jul 2023 04:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33054

Actions (login required)

View Item View Item