PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 32 TUMAMPUA VI KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

NUR APRIYANI (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 32 TUMAMPUA VI KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
1 Sampul.docx

Download (58kB)
[img] Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (23kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
5 Motto.docx

Download (13kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
6 Abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
7 prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
7 prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
9 pembahasan.docx

Download (108kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (23kB)

Abstract

Nur Apriyani. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa, S.PdI., MA dan Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah yaitu, bagaimanakah penerapan model Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan model Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dan hasil belajar membaca pemahaman. Setting penelitian bertempat di SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan peningkatan proses pembelajaran melalui penerapan model Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini dibuktikan dengan aktifitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Aktifitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Serta diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari belum berhasil pada siklus I menjadi berhasil pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:22
Last Modified: 17 Jul 2023 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33011

Actions (login required)

View Item View Item