PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAPADA MURID KELAS V SD NEGERI SAMATA KEC. SOMBAOPU KAB. GOWA

Lestari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAPADA MURID KELAS V SD NEGERI SAMATA KEC. SOMBAOPU KAB. GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (19kB)
[img] Text
Isi skripsi.docx

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (34kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj, Syamsiah. D, S.Pd. M.Pd dan Muhammad Irfan S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Discovery meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery dalam menigkatkan hasil belajar pada murid Kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas Vb SD Negeri Samata Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hasil analisis observasi belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategoti baik. Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup. Sedangkan hasil belajar siklus II berada pada kategori baik, Pencapaian hasil belajar murid sudah sesuai dengan yang diharapkan sebab telah memenuhi aspek tingkat penguasaan murid dan kelulusan belajar murid.dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas Vb SD Negeri Samata Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:04
Last Modified: 17 Jul 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33000

Actions (login required)

View Item View Item