PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VSD INPRES BORONG JAMBU III KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

SITTI HARDIYANTI H. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VSD INPRES BORONG JAMBU III KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (4MB)

Abstract

SITTI HARDIYANTI H. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Rohana, M.Pd dan Dr. Latang, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar dengan jumlah siswa 35 orang. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dimana aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang, pertemuan 2 berada pada kategori cukup dan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) berada pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang, pertemuan 2 berada pada kategori cukup dan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Borong Jambu III Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:59
Last Modified: 14 Jul 2023 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32903

Actions (login required)

View Item View Item