PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES NO. 26 BARANG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

WIDYA SAFITRI (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES NO. 26 BARANG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
1_SAMPUL, dll.docx

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB I, II, III_fix.docx

Download (81kB)
[img] Text
9a_ Hasil Analisis Tes Hasil Belajar Siklus I.docx

Download (34kB)
[img] Text
9c_ Rekapitulasi Nilai Tes Hasil Belajar Siswa.docx

Download (24kB)
[img] Text
10a_DOKUMENTASI FOTO SIKLUS I DAN II.docx

Download (1MB)
[img] Text
11a_RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

WIDYA SAFITRI, 2016, Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Sikripsi. Dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si: Pendidikan Guru sekolah Dasar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus. Fokus penelitian adalah penerapan model Project Based Learning dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori cukup berdasarkan aspek yang diamati diantaranya guru menyampaikan penjelasan tentang materi ajar belum maksimal sehingga siswa kurang menyimak penjelasan guru tentang materi ajar dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu pada kategori baik berdasarkan aspek yang diamati diantaranya setelah guru menyampaikan penjelasantentang materi ajar maksimal sehingga siswa tampak menyimak penjelasan guru tentang materi ajar. Sedangkan hasil penelitiaan aktivitas guru dan siswa pada siklus II pertemuan pertama dan kedua berada pada kategori baik setelah dilakukan perbaikan semua aspek yang diamati. Hasil belajar IPS pada tiap siklus juga meningkat. Hal ini dapat dilihat pada data hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori rendah meningkat pada siklus II pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:28
Last Modified: 14 Jul 2023 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32891

Actions (login required)

View Item View Item