PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXP IN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

MAWADDAH MUHSINI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXP IN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL FIX.docx

Download (82kB)
[img] Text
pengajuan ujian tutup.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV-V REVISI.docx

Download (2MB)
[img] Text
DATA HASIL BELAJAR S1.docx

Download (25kB)

Abstract

MAWADDAH MUHSINI. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Predict ObserveExplain (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Dr. Ansar, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar? dan apakah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar? yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 32 orang siswa kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses mengajar guru dan proses belajar siswa kelas IV. Observasi terhaadap aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C) dan pertemuan II berada pada kategori baik (B), sedangkan siklus II pada pertemuan I dan II berada pada kategori baik (B). Observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C) dan pertemuan II berada pada kategori baik (B), sedangkan siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik (B). Tes hasil belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:10
Last Modified: 14 Jul 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32889

Actions (login required)

View Item View Item