PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR

RISDAYANTI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR.

[img] Text
sampulku.docx

Download (53kB)
[img] Text
sampul 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
lampiranku.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.docx

Download (87kB)

Abstract

Risdayanti . 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh:Dra. Hj. Amrah, S.Pd.,M.Pd dan Hj. Johara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pembelajaran kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA dengan memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan nyata siswa dan memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar siswa sebagai media pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas IVA. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 21 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat dengan kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Perumnas 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:59
Last Modified: 14 Jul 2023 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32887

Actions (login required)

View Item View Item