PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SAMATA KABUPATEN GOWA

IKA ANUGRAH LESTARI. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SAMATA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL DEPAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN.docx

Download (68kB)
[img] Text
SAMPUL BELAKANG, PERNYATAAN KEASLIAN, MOTO, ABSTAK, PRAKATA.docx

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR, DAN HIPOTESIS TINDAKAN.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

IKA ANUGRAH LESTARI. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B.,M. Kes dan Nurhaedah S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa; (2) Apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa; (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Samata Kabupaten Gowa dengan subjek penelitian yang terdiri dari peneliti sebagai guru kelas V dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 11 siswa laki laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada segi proses baik aktivitas guru maupun siswa serta hasil belajar pada mata pelajaran IPS dari kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi tuntas pada siklus II setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Tipe TGT. Kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa terdiri dari empat langkah yakni penyajan kelas, kerja kelompok, games tournament, dan penghargaan kelompok. (2) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:13
Last Modified: 14 Jul 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

View Item View Item