DASMI SARIRA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BONTO – BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
SAMPUL HASIL.docx Download (55kB) |
|
Text
hal v-xix.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB I-III.docx Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA CRH.docx Download (14kB) |
|
Text
LAMPIRAN RPP siklus 1.1.docx Download (743kB) |
|
Text
Lampiran RPP siklus 1.2.docx Download (700kB) |
|
Text
DATA HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS.docx Download (31kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (42kB) |
Abstract
DASMI SARIRA, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Bonto-Bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd, dan Dra. Hj. Syamsiah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Bonto – Bontoa kecamatan Somba Opu kabupaten Gowa? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Bonto – Bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran IPA terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada siklus I kategori cukup (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (tuntas), dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran course review horay (CRH) pada mata pelajaran IPA kelas IV SD inpres bonto-bontoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 06:19 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 06:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32875 |
Actions (login required)
View Item |