PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BONTO – BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

DASMI SARIRA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BONTO – BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL HASIL.docx

Download (55kB)
[img] Text
hal v-xix.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CRH.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN RPP siklus 1.1.docx

Download (743kB)
[img] Text
Lampiran RPP siklus 1.2.docx

Download (700kB)
[img] Text
DATA HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS.docx

Download (31kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

DASMI SARIRA, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Bonto-Bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd, dan Dra. Hj. Syamsiah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Bonto – Bontoa kecamatan Somba Opu kabupaten Gowa? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Bonto – Bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran IPA terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada siklus I kategori cukup (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (tuntas), dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran course review horay (CRH) pada mata pelajaran IPA kelas IV SD inpres bonto-bontoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:19
Last Modified: 13 Jul 2023 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item