PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 31 TELLANG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

RAHMAT JAYA SUHARDI (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 31 TELLANG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
sampul judul 1.docx

Download (38kB)
[img] Text
daftar isi cakhe...docx

Download (101kB)
[img] Text
1-6 Bab I.doc

Download (41kB)
[img] Text
1-6 Bab I.docx

Download (27kB)
[img] Text
7-18 Bab II.docx

Download (37kB)
[img] Text
19-30 BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
57 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
58-82 Lampiran Siklus I.docx

Download (431kB)
[img] Text
83-107 lampiran 2.docx

Download (703kB)
[img] Text
113RIWAYAT HIDUP jaya.docx

Download (35kB)

Abstract

RAHMAT JAYA SUHARDI. 2016. Penerapan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd dan Hikmawati Usman S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikn Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan media gambar seri. Permasalahan pada penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis karangan narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru dalam pelaksanaan tindakan pembelajaran. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Jenis data yang digunakan yakni data kualitatif yang diperoleh dari hasil tes, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini, pembelajaran mengacu pada gambar yang terpisah antara gambar satu dengan gambar lain tetapi memiliki kesatuan urutan suatu peristiwa. Peningkatan dalam proses ditunjukan oleh klasifikasi aktivitas guru dan siswa yang meningkat, yaitu pada siklus I aktivitas guru dan siswa dikualifikasikan cukup, dari hasil belajar siswa pada siklus I yang dicapai dikategorikan tidak tuntas, sedangkan pada siklus II aktivitas guru dikualifikasikan baik, aktivitas siswa dikualifikasikan baik, dan hasil belajar siswa dikategorikan tuntas. Dari analisis hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:49
Last Modified: 13 Jul 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32874

Actions (login required)

View Item View Item