Nur Islam (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kecamatan Makassar, Kota Makassar.
Text
SAMPUL.docx Download (73kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI 1.docx Download (134kB) |
|
Text
MOTTO, ABSTRAK, PRAKATA.docx Download (27kB) |
|
Text
ISI BAB I-V .docx Download (122kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (22kB) |
|
Text
DOKUMENTAS PENELITIAN.docx Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V, (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas V, (2) Gambaran hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas V, (3) Apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga didapatkan kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SDN Lariangbangi III. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 06:00 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 06:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32042 |
Actions (login required)
View Item |