Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

ANDI NURHALISA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
0-1.docx

Download (49kB)
[img] Text
5-15.docx

Download (44kB)
[img] Text
B 1-8.rtf

Download (124kB)
[img] Text
B 9-22.rtf

Download (231kB)
[img] Text
B 23-33.rtf

Download (212kB)
[img] Text
B 65-66.doc

Download (61kB)
[img] Text
B. 67-69.rtf

Download (53kB)
[img] Text
B. 72-76.doc

Download (54kB)
[img] Text
B. 77-137.docx

Download (259kB)
[img] Text
B. 138-147.docx

Download (4MB)
[img] Text
B. 148.docx

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alur setiap siklus terdiri atas 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan hasil belajar siswa. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II, dengan jumlah siswa dua puluh lima orang terdiri dari tiga belas orang laki-laki dan dua belas orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun hasil belajar siswa pada siklus satu diperoleh ketuntasan secara klasikal berada pada kategori (K) dan pada siklus dua diperoleh ketuntasan secara klasikal berada pada kategori (B) Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:46
Last Modified: 27 Jun 2023 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31964

Actions (login required)

View Item View Item