PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BAKUNG 2 KELURAHAN SUDIANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

JULIATI SAM (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BAKUNG 2 KELURAHAN SUDIANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (148kB)
[img] Text
2. isi skiripsi.docx

Download (135kB)
[img] Text
3. Lampiran lamppiran.docx

Download (356kB)
[img] Text
4. dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
5. riwayat hidup.docx

Download (47kB)

Abstract

JULIATI SAM, 2017, Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Bakung 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M. Kes dan Muhammad Irfan, S.Pd., M. Pd; Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bakung 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bakung 2 Kelurahan Sudiang Kec. Biringkanaya Kota Makassar ?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bakung 2 Keluarahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran eksperimen dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas V sebanyak 36 siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan . Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas V bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi guru berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik. hasil observasi belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup. sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. dan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori Tidak Tuntas kemudian pada siklus II berada pada kategori Tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bakung 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:21
Last Modified: 22 Jun 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30981

Actions (login required)

View Item View Item