PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

Dirgahayu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (33kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
5 MOTO.docx

Download (20kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1 - BAB 5.docx

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
11 HASIL SIKLUS I.docx

Download (26kB)
[img] Text
12 HASIL SIKLUS II.docx

Download (26kB)
[img] Text
14 DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Dirgahayu, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu., M.Ed dan Andi Dewi Riang Tati., S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahanya adalah 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota Makassar?; 2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota makassar? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota Makassar; 2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif yang mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik dari aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar Matematika. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pebelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:29
Last Modified: 20 Jun 2023 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30599

Actions (login required)

View Item View Item