PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVSD NEGERI LARIANG BANGI I KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

NUR FAHARIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVSD NEGERI LARIANG BANGI I KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (25kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (189kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (199kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (138kB)
[img] Text
6. MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 12 KISI-KISI SOAL PRETEST.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 14 KISI-KISI SOAL POSTTEST.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

NUR FAHARIANA, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Amrah,S.Pd.,M.Pd., dan Drs.Muh.Faisal,M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar adalah siswa pasif dalam proses pembelajaran matematika sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen bentuk one group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sebagai variabel X dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel Y. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I sebanyak 32 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pretest, treatment, posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial yang terdiri dari uji normalitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I dilihat dari nilai pretest rendah dan nilai posttest tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:42
Last Modified: 19 Jun 2023 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item