NUR FAHARIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVSD NEGERI LARIANG BANGI I KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (25kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (189kB) |
|
Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (199kB) |
|
Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (138kB) |
|
Text
6. MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
8. PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 12 KISI-KISI SOAL PRETEST.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 14 KISI-KISI SOAL POSTTEST.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
NUR FAHARIANA, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Amrah,S.Pd.,M.Pd., dan Drs.Muh.Faisal,M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar adalah siswa pasif dalam proses pembelajaran matematika sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen bentuk one group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sebagai variabel X dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel Y. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I sebanyak 32 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pretest, treatment, posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial yang terdiri dari uji normalitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi I dilihat dari nilai pretest rendah dan nilai posttest tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 05:42 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 05:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30322 |
Actions (login required)
View Item |