PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA DAN SEKOLAHKU KECAMATAN RAPOCINI KOTA MAKASSAR

DESI YULIANA BISAY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA DAN SEKOLAHKU KECAMATAN RAPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (39kB)
[img] Text
bab 1-3.docx

Download (133kB)
[img] Text
Lampiran 13-16.docx

Download (621kB)
[img] Text
Lampiran 17-25.docx

Download (613kB)
[img] Text
Lampiran 1-12.docx

Download (795kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

DESI YULIANA BISAY., 2017. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rapocini Kota Makassar. Penulisan hasil PTK ini dibimbing oleh Drs.Lutfi B., M.Kes dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rapocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya ialah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran role playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkat hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rapoccini Kota Makassar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan peserta didik kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rapocini Kota Makassar yang berjumlah 30 orang peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Fokus penelitian ini adalah dari model Pembelajaran role playing dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pertemuan 1 dan II di siklus I yang berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II Pertemuan 1 dan II dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran di setiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran role playing dapat Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rapocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:02
Last Modified: 19 Jun 2023 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item View Item