PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS VA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KEC. RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SARCE NOVITA LOBANG (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS VA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KEC. RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
kover.docx

Download (37kB)
[img] Text
halaman judul.docx

Download (35kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (26kB)
[img] Text
Pengesahan Usulan Penelitian.docx

Download (28kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (12kB)
[img] Text
peryataan keaslian skripsi.docx

Download (13kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
Prakata.docx

Download (16kB)
[img] Text
SKRIPSI SARCE NOVITA LOBANG.pdf

Download (569kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

SARCE NOVITA LOBANG. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas VA di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VA di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan rappocini Kota Makassar berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakah ialah dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik). Dengan meningkatnya aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat pula hasil belajar siswa yang dimana pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan dapat meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) sehingga telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:46
Last Modified: 16 Jun 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30182

Actions (login required)

View Item View Item