PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Evi Radiah Fitri (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (39kB)
[img] Text
bagian depan.docx

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (516kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.docx

Download (824kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.docx

Download (553kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (56kB)

Abstract

EVI RADIAH FITRI. 2017. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dan hasil belajar IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 18 orang, dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I melalui penerapan model Discovery Learning, proses pembelajaran yang dilakukan guru berada pada kategori cukup, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar IPA berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model Discovery Learning mengalami peningkatan yakni proses pembelajaran yang dilakukan guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar IPA meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:01
Last Modified: 16 Jun 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30175

Actions (login required)

View Item View Item