NURUL HIKMAH AMIR (2023) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 14 BONTO-BONTO KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP.
Text
1 Sampul.docx Download (35kB) |
|
Text
Bab I dan II .docx Download (76kB) |
|
Text
Bab III .docx Download (52kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (135kB) |
Abstract
Nurul Hikmah Amir, 2016. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 14 Bonto-bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing olehMuh. Irfan, S.Pd. M.Pd danDrs. Lutfi B. M. Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswapada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 14 Bonto-bonto kecamatan Ma’rang kabupaten Pangkep dengan menggunakan metode sosiodrama?.Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 14 Bonto-bonto kecamatan Ma’rang kabupaten Pangkep. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada dua aspek yakni metode sosiodrama dan kemampuan berbicara. Subjek dalam penelitian ini 1 orang guru dan 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil analisis observasi aktivitas mengajar guru pada proses siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategoribaik. Hasil analisis observasi belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori kurang, dan hasil belajar siklus II berada pada kategori baikkarena keseluruhan siswa sudah mencapai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan metode sosiodrama dapatmeningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 14 Bonto-bonto kecamatan Ma’rang kabupaten Pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 01:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30116 |
Actions (login required)
View Item |