Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 270 Mattirowalie Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

Siti Hardian (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 270 Mattirowalie Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

[img] Text
2. sampul 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
3. pengsahan pembimbing.docx

Download (45kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
5. MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 abstrak eng.docx

Download (19kB)
[img] Text
7 PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI saja.docx

Download (20kB)
[img] Text
9DAFTAR TABEL.docx

Download (16kB)
[img] Text
10DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
10DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN oke.docx

Download (19kB)
[img] Text
12 BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
13 BAB II.doc

Download (105kB)
[img] Text
14 Bab III.doc

Download (111kB)
[img] Text
15 bab iv.docx

Download (54kB)
[img] Text
16 bab v.docx

Download (24kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilandasi dari kenyataan yang ada di lapangan yang menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng disebabkan oleh aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dilihat dari aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa serta bagaiamana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking di kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan strategi pembelajarn Guided Note Taking dilihat dari aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja kabupaten Soppeng setelah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu (1) penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking (2) hasil belajar IPS. Subjek penelitian yaitu satu guru dan 14 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut diikuti dengan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat mengatasi masalah pada aspek mengajar guru yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:51
Last Modified: 15 Jun 2023 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30104

Actions (login required)

View Item View Item