Siti Hardian (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 270 Mattirowalie Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Text
2. sampul 2.docx Download (52kB) |
|
Text
3. pengsahan pembimbing.docx Download (45kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
5. MOTO.docx Download (16kB) |
|
Text
6 abstrak eng.docx Download (19kB) |
|
Text
7 PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI saja.docx Download (20kB) |
|
Text
9DAFTAR TABEL.docx Download (16kB) |
|
Text
10DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
10DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN oke.docx Download (19kB) |
|
Text
12 BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
13 BAB II.doc Download (105kB) |
|
Text
14 Bab III.doc Download (111kB) |
|
Text
15 bab iv.docx Download (54kB) |
|
Text
16 bab v.docx Download (24kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilandasi dari kenyataan yang ada di lapangan yang menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng disebabkan oleh aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dilihat dari aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa serta bagaiamana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking di kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan strategi pembelajarn Guided Note Taking dilihat dari aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja kabupaten Soppeng setelah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu (1) penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking (2) hasil belajar IPS. Subjek penelitian yaitu satu guru dan 14 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aspek mengajar guru dan aspek belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut diikuti dengan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat mengatasi masalah pada aspek mengajar guru yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 270 Mattirowalie kecamatan Liliriaja kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:51 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30104 |
Actions (login required)
View Item |