PENGARUH METODE SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 17 BILA KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

MUHAMMAD AKBAR A (2023) PENGARUH METODE SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 17 BILA KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
SAMPUL AKBAR.docx

Download (30kB)
[img] Text
SAMPUL depan AKBAR.docx

Download (83kB)
[img] Text
Hasil baru.docx

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Muhammad.Akbar.A, 2017. Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 17 Bila Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dra.Hj.Rosdiah Salam.,M.Pd dan Hikmawati Usman,S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh metode suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah apakah ada pengaruh metode suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 17 Bila Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 17 Bila Kabupaten Soppeng dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen, dengan tahap pembagian dua kelompok, yaitu kelompok control dan kelompok eksperiment, kemudian penggunaan Pre Test, treatment, dan Post Tes pada kedua kelompok tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design yang merupakan bentuk desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup metode suku kata dan variabel terikat mencakup kemampuan membaca permulaan. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 17 Bila Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t), dan independent sample t-test.Hasil kemampuan membaca permulaan sesudah pemberian perlakuan menggunakan metode suku kata lebih meningkat dibandingkan sebelum pemberian metode suku kata dalam proses pembelajaran. Namun setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kemampuan membaca permulaan siswa. Kesimpulannya metode suku kata tidak berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 17 Bila Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:06
Last Modified: 15 Jun 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30091

Actions (login required)

View Item View Item