PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nur Fadillah (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul 1 dan 2.docx

Download (49kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing dan pengesahan ujian skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. Keaslian skripsi, moto, Abstrak, Prakata.docx

Download (23kB)
[img] Text
4. Daftar isi, Daftar tabel, daftar gambar.docx

Download (27kB)
[img] Text
5. BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
6. BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
7. BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAK fix.docx

Download (15kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.docx

Download (24MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (413kB)

Abstract

Nur Fadillah, 2018. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas IV SD INPRES BTN IKIP I Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Amrah,S.Pd., M.Pd dan Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitin ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PKn kelas IV? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn? (3) Apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV?. Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PKn kelas IV. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design, dengan desain non equvalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 30 siswa pada kelas ekperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berada dalam kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:56
Last Modified: 15 Jun 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30064

Actions (login required)

View Item View Item