Nur Fadillah (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. Sampul 1 dan 2.docx Download (49kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing dan pengesahan ujian skripsi.docx Download (1MB) |
|
Text
3. Keaslian skripsi, moto, Abstrak, Prakata.docx Download (23kB) |
|
Text
4. Daftar isi, Daftar tabel, daftar gambar.docx Download (27kB) |
|
Text
5. BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
6. BAB II.docx Download (65kB) |
|
Text
7. BAB III.docx Download (37kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAK fix.docx Download (15kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.docx Download (24MB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Download (413kB) |
Abstract
Nur Fadillah, 2018. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas IV SD INPRES BTN IKIP I Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Amrah,S.Pd., M.Pd dan Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitin ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PKn kelas IV? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn? (3) Apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV?. Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PKn kelas IV. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design, dengan desain non equvalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 30 siswa pada kelas ekperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berada dalam kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:56 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30064 |
Actions (login required)
View Item |