PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 115 PATAMPANUA KECEMATAN PATAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Sriwahyuni Nasma (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 115 PATAMPANUA KECEMATAN PATAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
HALAMAN DEPAN..docx

Download (63kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I, II, III.docx

Download (77kB)
[img] Text
Lampiran 4 Observasi Guru Siklus I.docx

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran 5 Observasi Siswa Siklus I.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 6 hasil tes akhir siklus I.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 8 Obsevasi Siswa Siklus II.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Sriwahyuni Nasma 2017, Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas II SDN 115 Patampanua Kacamatan Patampanua. Skripsi. Dibimbing oleh: Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Andi Dewi Riang Tati, S.pd.,M.Pd Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Studi ini menelaah Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 115 Patampanua Kacamatan Patampanua. Skripsi. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Apakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dapat meningkat melalui penerapan media gambar tiga dimensi di kelas IV SDN 115 Patampanua Kecamatan Patampanua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan media gambar tiga dimendi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 115 Patampanua Kecamatan Patampanua. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Subjek penlitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 115 Patampanua, sebanyak 21 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I belum mencapai kriteri hasil belajar dan dikategorikan sedang, siklus II sudah mencapai kriteria Hasil dan dikategorikan tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan media gambar tiga dimensi pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 115 Patampanua

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:52
Last Modified: 14 Jun 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29989

Actions (login required)

View Item View Item