PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Dian Saritirta Syam PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul & Lampiran Depan.docx

Download (72kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
5. BAB IV.docx

Download (59kB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (30kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
20. lampiran 15 PERSURATAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
23. lampiran 18 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (58kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa(3)apakah terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pembelajaran aktif tipe card sort dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPS. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Seluruh populasi dalam penelitian merupakan subjek penelitian karena hanya terdiri dari satu kelompok dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran aktif tipe card sort memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:51
Last Modified: 14 Jun 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29925

Actions (login required)

View Item View Item