PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD INPRES MINASA UPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Zulkipli Wiranata (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD INPRES MINASA UPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul Kipli.doc

Download (50kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing (1) kipli.doc

Download (55kB)
[img] Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi (1).doc

Download (55kB)
[img] Text
6. Moto.doc

Download (28kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi kipli.doc

Download (28kB)
[img] Text
7. Abstrak (1).doc

Download (34kB)
[img] Text
8. Prakata kipli.doc

Download (33kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.doc

Download (38kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.doc

Download (39kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.doc

Download (34kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.doc

Download (60kB)
[img] Text
13. Bab 1 kipli.docx

Download (23kB)
[img] Text
14. Bab 2 kipli.docx

Download (46kB)
[img] Text
15. Bab 3 kipli.docx

Download (39kB)
[img] Text
18. Daftar pustaka kipli.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 31 - Tabel z.docx

Download (461kB)
[img] Text
Lampiran 33 - Tabel t.docx

Download (395kB)
[img] Text
Lampiran 34 - Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 5x print.docx

Download (47kB)

Abstract

Zulkipli Wiranata, 2017, Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd. dan Pembimbing II Drs. Djony Rosyidi, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada keterampilan menulis narasi siswa Kelas IV di SD Inpres Minasa Upa I. Beranjak dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 sebelum penggunaan gambar seri?, (2) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 setelah penggunaan gambar seri?, (3) Bagaimnakah pengaruh penggunaan gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa I?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen tepatnya pre-experiment dengan disain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 48 orang, dan teknik sampling yang digunakan adalah Proporsional Sampling dengan jumlah sampel 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah t-test yakni “paired sample t-test”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebelum penggunaan gambar seri berada pada kategori rendah. (2) Gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah penggunaan gambar seri berada pada kategori tuntas. (3) Pembelajaran dengan menggunakan gambar seri berpengaruh positif atau signifikan terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:10
Last Modified: 14 Jun 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29912

Actions (login required)

View Item View Item