Sitti Rahmawati Muhtar (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS III SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL 1.docx Download (50kB) |
|
Text
1. SAMPUL 2.docx Download (258kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (32kB) |
|
Text
5. MOTO.doc Download (30kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
7. PRAKATA.doc Download (35kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.doc Download (33kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.doc Download (32kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (32kB) |
|
Text
11. BAB 1.doc Download (60kB) |
|
Text
12. BAB 2.doc Download (82kB) |
|
Text
13. BAB 3.doc Download (78kB) |
|
Text
14. BAB IV dan BAB V.docx Download (96kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.docx Download (13kB) |
|
Text
17. SILABUS.docx Download (16kB) |
Abstract
Pokok permasalahn dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan menggambar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) siswa kelas III SD Negeri Perumnas Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menggambar siswa mata pelajaran seni budaya dan Prakarya (SBDP) kelas III SD Negeri Peumnas Kota Makassar, melalui Metode Demostrasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Metode Demostrasi pada kelas III SD Negeri Perumnas Kota Makassar dan Keterampilan Menggambar siswa dalam memahami simbol dan unsur karya seni rupa dua dimensi. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, tes praktek dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi proses terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti sehingga keterampilan Menggambar dalam memahami simbol dan unsur karya seni rupa dua dimensi dapat berkembang. Sedangkan keterampilan siswa dari segi proses dari hasil analisis rubrik penilaian unsur dan simbol karya seni rupa dua dimensi siklus I, (kriteria Kurang) yang mencapai indikator 40%, dimana siklus ini belum memenuhi syarat ketuntasan di atas 80%. keberhasilan kemudian meningkat pada siklus II (kriteria Baik) yang memenuhi indikator keberhasilan di atas 80%. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode demostrasi dapat meningkatkan keterampilan menggambar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas III SD Negeri Perumnase Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:09 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29874 |
Actions (login required)
View Item |