PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS IV SD NEGERI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NOVA BALONDO (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS IV SD NEGERI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (747kB)
[img] Text
SKRIPSI NOVA BALONDO.docx

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN 18.docx

Download (564kB)
[img] Text
LAMPIRAN 38.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

NOVA BALONDO. 2018. Peningkatan Hasil Belajara PKN Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Siswa Kelas IV SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd.,M.Pd. dan Khaerunnisa S.Pd.I,MA. Program Studi Pendikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas IV SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah peneitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Two Stya Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas IV SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Berdasarkan permasalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan hasil belajar PKN siswa pada model pembelajaranan kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas IV SDN Minasa Upa.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV di SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:00
Last Modified: 13 Jun 2023 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29869

Actions (login required)

View Item View Item