PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II KOTA MAKASSAR

MUTMAINNAH (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
A. SAMPUL.docx

Download (259kB)
[img] Text
C. AWAL.docx

Download (39kB)
[img] Text
D. BAB I.docx

Download (111kB)
[img] Text
E. BAB IV.docx

Download (64kB)
[img] Text
F. BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
10. Dokumentasi Penelitian.docx

Download (2MB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (2MB)
[img] Text
11. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajran matematika di kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:37
Last Modified: 13 Jun 2023 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29861

Actions (login required)

View Item View Item