MUTMAINNAH (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II KOTA MAKASSAR.
Text
A. SAMPUL.docx Download (259kB) |
|
Text
C. AWAL.docx Download (39kB) |
|
Text
D. BAB I.docx Download (111kB) |
|
Text
E. BAB IV.docx Download (64kB) |
|
Text
F. BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
10. Dokumentasi Penelitian.docx Download (2MB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.docx Download (2MB) |
|
Text
11. RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajran matematika di kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29861 |
Actions (login required)
View Item |