SANDRI GUNAWAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POINT COUNTER POINTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSSISWA KELAS IV SD INPRES JEMBULU KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU.
Text
0. SAMPUL SKRIPSI.docx Download (52kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing-1.doc Download (54kB) |
|
Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.doc Download (60kB) |
|
Text
6. MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
8. PRAKATA.docx Download (16kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
11. Bab I-III.docx Download (60kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
15. Lampiran 1.docx Download (318kB) |
|
Text
16. Dokumentasi.docx Download (6MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Sandri Gunawan, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counter Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Jembulu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. SkripsiiniDibimbing Oleh WidyaKarmila Sari Achmad, S.Pd,. M.Pd dan Drs. Latri, S.Pd,.M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universutas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dengan Rumusan masalah Bagaimanakah Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe point counter point dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Jembulu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter point dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Inpres Jembulu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian dalam hal ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe point counter point dan Hasil belajar IPS Siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Jembulu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter pointdapatmeningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan ini dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II pada kategori baik. dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter pointmeningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Jembulu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:43 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29845 |
Actions (login required)
View Item |