PENGARUH METODE INQUIRI DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD INPRES 6/75 MALIMONGENG KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE

SUSI FATMAWATI (2023) PENGARUH METODE INQUIRI DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD INPRES 6/75 MALIMONGENG KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE.

[img] Text
SUSI SAMPUL.docx

Download (81kB)
[img] Text
SKIRIPSI SUSI.docx

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI SUSI 2.docx

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU DAN SISWA.docx

Download (26kB)
[img] Text
PEDOMAN OBSERVASI AKTIVITAS SISWA SUSI B.docx

Download (28kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

SUSI FATMAWATI, 2017.Pengaruh Metode Inquiri Dengan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd.,M.Pd dan Drs.Mufa’adi, M.Si Pada Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dan adapun rumusan masalahnnya : (1) Bagaimana gambaran metode inquiri dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng kecamatan Salomekko kabupaten Bone?, (2) Bagaimana gambaran hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS sebelum dan susadah perlakuan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan dikelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng kecamatan Salomekko kabupaten Bone?,(3) Apakah ada pengaruh metode inquiri pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng kecamatan Salomekko kabupaten Bone? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gamabaran metode inquiri pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar murid, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS sebelum dan susadah perlakuan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan murid kelas IV,(3) Untuk mengetahui pengaruh metode iquiri dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng kecamatan Salomekko kabupaten Bone. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas IV dengan jumlah 20 murid dan laki-laki berjumlah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistikin ferensial menggunakan uji paired sample t-tes t dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Hasil belajar IPS pada kelas IV pada tes awal (pretest) ,berada pada kategori rendah, sedangkan hasil belajar IPS murid kelas IV berada pada kategori tinggi pada akhir pembelajaran (posttest). Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Kesimpulannya adalah Adanya peningkatan hasil belajar IPS pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Kecematan Salomekko Kabupaten Bone. Semakin tinggi pemanfaatan perpustakaan maka semakin tinggi hasil belajar murid.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:37
Last Modified: 13 Jun 2023 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29842

Actions (login required)

View Item View Item