NUR ALISAH ALAM (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD INPRES PAI 2 KELURAHAN SUDIANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
1. halaman sampul.docx Download (36kB) |
|
Text
2. halaman judul.docx Download (37kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN Hasil Penelitian.docx Download (33kB) |
|
Text
4. MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN HASIL PENELITIAN.docx Download (13kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (16kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.docx Download (14kB) |
|
Text
9. DAFTAR BAGAN.docx Download (14kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
13. BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
14. BAB II.docx Download (39kB) |
|
Text
15. BAB III.docx Download (235kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
20. Lampiran Siklus I.docx Download (62kB) |
|
Text
22. Lampiran Siklus II.docx Download (60kB) |
|
Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Nur Alisah Alam, 2017. Penerapan metode Scramble untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SD Inpres Pai 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Dibimbing oleh: Dr.Andi Makkasau,M.Si selaku pembimbing I dan Dr.Hj.Rohana,M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pai 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pai 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pai 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus II meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian: 1.Penerapan metode Scramble dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Pada lembar aktivitas guru siklus I berada pada kategori kurang (K) dan meningkat pada siklus II dengan kategori Baik (B). Sedangkan pada lembar aktivitas siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan meningkat pada siklus II dengan kategori Baik (B). 2.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siklus I dari 36 siswa terdapat 20 siswa tuntas dan 16 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II dari 36 siswa terdapat 29 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Kesimpulan penelitian dari judul penerapan metode Scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pai 2 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar dimana pada siklus Iimencapai taraf keberhasilan dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dengan klasikal 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:39 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29635 |
Actions (login required)
View Item |