NURSATRIANI (2023) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN 134 KALIMBUA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG.
Text
SAMPUL SKRIPSI (1).docx Download (21kB) |
|
Text
SAMPUL dalam SKRIPSI NUR (2).docx Download (55kB) |
|
Text
DATA HASIL SIKLUS I (4).docx Download (23kB) |
|
Text
DATA HASIL SIKLUS II (5).docx Download (19kB) |
|
Text
PERBANDINGAN & DOKUMENTASI (6).docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP NUR (7).docx Download (30kB) |
Abstract
Nursatriani, 2016. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas V SDN 134 Kalimbua Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd, M,Pd. dan Sumarlin, S.Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 134 Kalimbua Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 134 Kalimbua Kecamaan Baraka Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah dikemukakan yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pkn melalui metode simulasi pada siswa kelas V SDN 134 Kalimbua, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 134 Kalimbua Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I pertemuan pertama aktivitas guru dan siswa masing – masing terkategori cukup kemudian pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru dan siswa telah meningkat menjadi kategori baik. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa makin meningkat dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kedua masuk dalam kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dari siklus I masuk kategori tidak tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 134 Kalimbua Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:31 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29605 |
Actions (login required)
View Item |