TRI IRMANSYAH (2023) PENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VSD INPRES TIDUNG II KOTA MAKASSAR.
Text
A SAMPUL DLL.docx Download (89kB) |
|
Text
B HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (319kB) |
|
Text
BAB-I-III-TRI.docx Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN I (Persuratan).docx Download (587kB) |
|
Text
LAMPIRAN IV (Hasil Penelitian).docx Download (17kB) |
|
Text
LAMPIRAN II (Instrumen Penelitian).docx Download (721kB) |
|
Text
LAMPIRAN V (Hasil Observasi).docx Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN VI (Hasil Analisis Data).docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN VII (Dokumentasi).docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (61kB) |
Abstract
Tri Irmansyah, 2016. Pengaruh Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Tidung II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Widya Karmila Sari Achmad S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing II Dr.Ed. Faridah, S.T., M.Sc. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Tidung II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Tidung II Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis pre-experiment dengan desain pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Tidung II yang berjumlah 24 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yakni 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres Tidung II memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa, hal ini dilihat berdasarkan 3 aspek aktivitas siswa yang diamati yakni adanya perhatian siswa, rasa senang siswa ketika belajar, dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test. Hasil pengukuran minat siswa menggunakan angket sebelum dan setelah pembelajaran dengan menerapkan multimedia menunjukkan perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Keberhasilan ini didukung oleh adanya perencanaan pembelajaran yang baik dari guru wali kelas V SD Inpres Tidung II Kota Makassar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan multimedia memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Tidung II Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 08:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29586 |
Actions (login required)
View Item |