PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BUKKANGRAKI KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

SUKMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BUKKANGRAKI KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran dan persuratan.docx

Download (10kB)
[img] Text
DaftarPustaka.doc

Download (37kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Bukkangraki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Bukkangraki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bukkangraki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran Wors Square dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Bukkangraki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dengan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dengan persentase lebih tinggi dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik pula dengan persentase lebih tinggi. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bukkangraki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:02
Last Modified: 07 Jun 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29575

Actions (login required)

View Item View Item