HUBUNGAN SIKAP PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NI NYOMAN NELI KUSUMAWATI (2023) HUBUNGAN SIKAP PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
2 Pernyataan keaslian.docx

Download (15kB)
[img] Text
3 Motto.docx

Download (17kB)
[img] Text
4 Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
5 Prakata.docx

Download (28kB)
[img] Text
6 Daftar Isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
7 Daftar Tabel dan Lampiran.docx

Download (27kB)
[img] Text
8 Daftar Gambar.docx

Download (14kB)
[img] Text
9 Bab I - daftar pustaka.docx

Download (1MB)
[img] Text
10 Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

NI NYOMAN NELI KUSUMAWATI, 2016. Hubungan Sikap Percaya Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed., dan Nur Abidah Idrus, S.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Hubungan antara Sikap Percaya Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran sikap percaya diri siswa di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (3) Seberapa besarkah hubungan antara sikap percaya diri dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran sikap percaya diri siswa di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (3) Untuk mengetahui besar hubungan antara sikap percaya diri dengan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan non eksperimen dengan jumlah populasi 52 siswa. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara saat pra penelitian, kuisioner dan dokumentasi saat penelitian. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap percaya diri siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar termasuk dalam kategori tinggi (2) Hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar termasuk dalam kategori tinggi (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan sikap percaya diri dengan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sikap percaya diri memiliki pengaruh sebesar 23,3 % terhadap hasil belajar, selebihnya yaitu 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:34
Last Modified: 07 Jun 2023 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item