PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVSDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ULI ASTUTI (2023) PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVSDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul depan Skripsi.docx

Download (75kB)
[img] Text
2. Sampul, pernyataan,motto, abstrak,prakata, daftar isi.docx

Download (71kB)
[img] Text
3. skripsi bab i -bab 3.docx

Download (96kB)
[img] Text
5. kata Lampiran.docx

Download (22kB)
[img] Text
12 Rekapitulasi Hasil belajar siswa.docx

Download (41kB)
[img] Text
16. Lembar hasil teks akhir siklus I dan II BARUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU.docx

Download (48kB)
[img] Text
19 . RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

ULI ASTUTI . 2016. Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Mapala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA dan Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Survey, Questions, Reading, Resite, Review ( SQ3R ) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui penerapan Strategi pembelajaran Survey, Questions, Reading, Resite, Review ( SQ3R ) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappoci Kota Makassar Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini kota Makassar yang berjumlah 20 orang, dengan rincian 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Terjadinya peningkatan membaca pemahaman siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Survey, Questions, Reading, Resite, Review (SQ3R). dan peningkatan aktivitas belajar siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya. Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori Kurang, dan pada siklus I pertemuan II berada pada kategori Cukup, kemudian di lanjutkan ke siklus II. Pada Siklus II pertemuan I Dan II Berada pada kateg baik Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari peningkatan membaca pemahaman siswa pada siklus I secara klasikal belum mencapai indikator keberhasilan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal berada pada kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan karena secara klasikal telah mencapai indikator keberhasilan siswa dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan Strategi Survey, Questions, Reading, Resite, Review (SQ3R).untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:16
Last Modified: 07 Jun 2023 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item