PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 56 TALAKAKECAMATAN MINASATE’NE KABUPATEN PANGKEP

NUR AWALIA SAMSU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 56 TALAKAKECAMATAN MINASATE’NE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul Skripsi.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAtaka fix.docx

Download (17kB)
[img] Text
lampiran 7 Rekaptulasi nilai tes.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 8 Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

NUR AWALIA SAMSU.2016. Penerapa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 56 Talaka Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing: (I) Andi Dewi Riang Tati S.Pd M,Pd dan (II) Dr. Ansar, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalah awal dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA, berdasarkan rumusan masalah yakni bagaimanakah gambaran model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 56 Talaka? Yang bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 56 Talaka. Dan bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 56 Talaka melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation ? Yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 56 Talaka melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 56 Talaka Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik, demikian pula dengan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dimana siklus I diperoleh hasil belajar siswa berada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai hasil belajar siswa sudah berada pada kategori baik dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 56 Talaka Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:53
Last Modified: 06 Jun 2023 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29522

Actions (login required)

View Item View Item