PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES LAYANG TUA II KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

RAHMIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES LAYANG TUA II KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (83kB)
[img] Text
sampul depan.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran siklus 1.docx

Download (156kB)
[img] Text
Lampiran siklus 2.docx

Download (4MB)
[img] Text
silabus.docx

Download (19kB)

Abstract

Rahmiani, 2016. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Layang Tua II Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B.,M.Kes dan Hj.Nurhaedah, S.Pd.,M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Layang Tua II Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SD Inpres Layang Tua II Kecamatan Bontoala Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas V SD Inpres Layang Tua II dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang berada pada kategori baik demikian pula aktivitas guru pada siklus I sudah berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa berada dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Layang Tua II Kecamatan Bontoala Kota Makassar dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 May 2023 05:48
Last Modified: 31 May 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29368

Actions (login required)

View Item View Item